rencanakan kehamilan dengan kalkulator masa subur
kehamilan

Yang Perlu Dipersiapkan saat Menggunakan kalkulator Masa Subur

Menghitung masa subur adalah hal sering kali dilakukan oleh istri yang ingin KB kalender atau program hamil. Apa yang dipersiapkan?

  1. Hari Pertama Menstruasi Terakhir

Yang pertama harus Anda persiapkan adalah hari pertama pada saat menstruasi terakhir. Hal ini sering kali salah dimengerti oleh banyak wanita, biasanya mereka menganggap permulaan siklus adalah hari terakhir pada  siklus menstruasi terakhir, sehingga perhitungannya kalkulator masa subur menjadi salah.

Sedikit penjelasan agar Anda lebih paham akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Menstruasi pertama : Menstruasi pertama Anda rasakan pada mulai mengalami pubertas, bisa saat SD, SMP, sekitar usia 12 tahun-an.
  2. Menstruasi terakhir : Menstruasi terakhir adalah siklus menstruasi yang telah Anda alami yang paling dekat dengan hari ini.
  3. Hari pertama menstruasi : Hari pertama menstruasi adalah hari ke-1 saat mulai keluarnya darah.
  4. Hari terakhir menstruasi : Hari terakhir menstruasi adalah hari terakhir, saat tidak ada darah lagi pada hari tersebut.
  5. Siklus menstruasi : siklus menstruasi adalah lamanya menstruasi terakhir sampai menstruasi yang akan datang. Misalnya Anda menstruasi hari pertama pada tanggal 1 lalu menstruasi selanjutnya tanggal 2 maka siklus menstruasi Anda adalah 32 hari.

Sampai di sini sudah jelas bukan? Untuk melakukan perhitungan  masa subur Anda harus mempersiapkan tanggal di mana tanggal tersebut adalah hari pertama menstruasi terakhir, bukan hari terakhir pada menstruasi terakhir. Jika sampai salah, maka perhitungan masa subur juga tidak akan akurat, baik menggunakan cara manual maupun dengan menggunakan kalkulator masa subur.

2. Rata-rata Siklus Menstruasi

Selanjutnya, Anda harus mempersiapkan rata-rata siklus menstruasi jika Anda mengalai siklus yang tidak teratur. Tetapi jika teratur selalu 28 hari, selalu 30 hari, seperti itu maka ya sejumlah hari itu saja yang perlu dipersiapkan. Sebaiknya bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur menggunakan rata-rata 6 bulan terakhir sehingga hasilnya bisa mendekati akurat. Namun yang paling penting untuk mengetahui kapan Anda subur adalah Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *