Ilustrasi biskuit yang tidak dikemas
Food Preservation

Memahami Cara Kerja Kemasan Vakum

Kita sering mengamati bahwa berbagai produk makanan sering dikemas dalam kemasan vakum karena dianggap dapat membantu memperpanjang waktu penyimpanan dari makanan. Salah satu alat pengemas vakum adalah sammic vacuum pack machine. Sebenarnya bagaimana cara kerja kemasan vakum sehingga bisa digunakan untuk membantu pengawetan makanan?

Vacuum pack merupakan metode pengemasan makanan dengan cara menyimpannya di dalam wadah khusus umumnya terbuat dari plastik yang sebelumnya telah dilakukan pengeluaran udara terlebih dahulu. Setelah semua udara dikeluarkan dilanjutkan dengan proses perekatan menggunakan mesin sammic vacuum pack machine

Makanan yang cukup sering disimpan dengan metode vacuum adalah daging karena jenis bahan makanan ini cukup mudah busuk. Apabila disimpan menggunakan plastik vacuum maka daging dapat disimpan dalam waktu yang lama pada suhu -1°C hingga 0°C. Namun konsumen harus tetap ingat bahwa suhu penyimpanan harus tetap konsisten pada rentang yang telah disebutkan hal ini karena apabila ada perbedaan suhu sedikit saja dapat mengurangi usia makanan.

Pengemasan makanan menggunakan kemasan vakum dan keawetan makanan berhubungan dengan aktivitas bakteri yang membutuhkan oksigen untuk bisa berkembang biak.  Prinsip kerja vakum yakni menghisap udara di dalam kemasan dengan mesin penghisap udara hingga tekanan turun. Setelah kemasan sudah tersegel akibat ada tekanan dari panas nantinya mampu menciptakan kemasan yang sudah kedap dari udara. 

Banyak jamur dan bakteri yang tumbuh dalam lingkungan lembab, proses pembuatan kemasan vakum dengan prinsip tekanan menyebabkan air dan udara dikeluarkan sehingga bakteri dan jamur tidak bisa tumbuh di dalam makanan. Sebenarnya prinsip dari pembuatan kemasan vakum mengacu pada prinsip modifikasi atmosfer yakni tergantung kepada adanya nitrogen pasif yang dapat berguna untuk menunda proses pembusukan makanan oleh bakteri. Namun, setiap produsen makanan tetap harus memperhatikan jenis plastik yang dipilih karena tidak setiap plastik yang tersedia di lapangan merupakan kemasan kedap udara. 

Pada beberapa jenis makanan lain seperti keripik kentang juga dapat menambahkan gas nitrogen ke dalam kemasan vakum guna menjaganya tetap renyah. Hal ini karena kerusakan dapat dihambat dengan menghilangkan oksigen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *