Fungsi Hormon
kesehatan

Fungsi Hormon FSH dan LH dan Pemeriksaannya

Belajar tentang hormon-hormon yang ada di dalam tubuh memang cukup banyak jenisnya. Seperti hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan juga hormon LH (Luteinizing Hormone). Kedua hormon ini adalah hormon penting dan berhubungan dengan reproduksi baik bagi para pria dan juga untuk wanita. Bahkan fungsi hormon FSH dan LH pun berbeda-beda. 

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH dan Pentingnya Melakukan Tes Hormon

Hormon FSH bagi para wanita berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi setiap bulannya. Sedangkan bagi para pria, fungsinya untuk mengatur dan membantu untuk menghasilkan sel sperma yang berkualitas. Sedangkan untuk hormon LH memiliki fungsi untuk mengendalikan proses menstruasi. Bahkan fungsinya juga bisa membuat wanita menjadi hamil maupun menopause tergantung kadar dari hormon FSH dan LH. Untuk pria, hormon ini berfungsi untuk menghasilkan testosteron. 

Setelah mengetahui fungsi hormon FSH dan LH, maka ada hal penting yang harus Anda ketahui lebih lanjut. Di mana Anda harus mengetahui betapa pentingnya untuk melakukan tes kesuburan atau tes hormon. Tujuan dari tes hormon ini dilakukan untuk mengetahui ketidaksuburan pada wanita maupun pria. Bahkan ada banyak manfaat yang akan didapatkan setelah mengikuti tes hormon ini sendiri. Beberapa tes dari kedua jenis hormon ini diantaranya sebagai berikut ini:

  • Pemeriksaan Hormon FSH

Tes hormon FSH ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah dari hormon yang dihasilkan oleh kelenjar yang ada di bawah otak dalam darah. FSH sendiri adalah pengendali siklus menstruasi dan juga produksi sperma. Beberapa tes yang dilakukan seperti mengetahui penyebab infertilitas atau jumlah sel telur yang sedikit. Kemudian mampu mengetahui penyebab mengapa menstruasi tidak teratur, mengetahui penyebab kista, dan lain sebagainya. Biasanya hormon FSH yang tinggi ini bisa menyebabkan wanita mengalami masa menopause, sindrom Turner dan lainnya. 

  • Pemeriksaan Hormon LH

Tes hormon LH ini bertujuan untuk mengecek jumlah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis yang ada di bawah otak. Tes ini juga sama-sama mengetahui kesuburan baik bagi wanita dan juga pria. Hormon ini sama-sama mengatur produksi dari sel telur dan juga sperma. Biasanya tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah wanita sedang dalam masa ovulasi atau bahkan sudah memasuki menstruasi. Untuk melakukan tes ini, biasanya dilakukan di hari tertentu karena dilakukan pada saat wanita sedang mengalami menstruasi. 

Itulah fungsi hormon FSH dan LH yang bisa Anda ketahui. Setelah mengetahui fungsinya, tentu Anda harus melanjutkan pada tahap pemeriksaan yang bisa dilakukan secara rutin. Apalagi bagi para pasangan yang akan merencanakan untuk memiliki momongan. Selain bertujuan untuk mengetahui tingkat kesuburan, tes ini juga biasa dilakukan ketika akan melakukan donor sperma, melakukan program bayi tabung, dan lainnya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *