ecommerce logistics service
e-commerce

Tips Memilih Partner Logistik eCommerce

Pemilihan partner ecommerce logistics service sangat perlu dilakukan dengan cermat dan penuh pertimbangan. Hal ini karena akan sangat mempengaruhi kelancaran bisnis usaha hingga ke masa depannya.

Cakupan Logistik E commerce

Pesatnya transaksi online di tengah masa pandemi virus Corona membuat logistik ecommerce juga makin berkembang, guna mendukung sebagai backbonenya. Hal ini bahkan diakui oleh salah satu perusahaan jasa logistik terbesar yang ada di Indonesia, yakni bahwa sekitar 70 % layanan delivery adalah berasal dari transaksi jual beli online. Sedangkan cakupan logistik ecommerce tersebut bisa meliputi sejak proses sourcing atau pengadaan produknya yang biasanya berupa produk barang dan lalu tentu saja juga berikut dengan proses delivery atau pengantarannya hingga sampai ke tangan konsumen.

Tips Memilih partner Logistik ecommerce

Berikut ini tip untuk memilih partner Logistik ecommerce yang tepat.

Cermati Kinerjanya

Perhatikan reputasi dan juga kinerjanya selama ini. Pilih partner Logistik ecommerce yang telah teruji dengan baik dan mampu bekerja sama dengan secara profesional serta memuaskan seluruh pihak. Informasi mengenai hal ini bisa didapatkan dari hasil review atau testimoni dari para pelanggannya yang telah pernah menggunakan jasanya dan menjalin kerja sama.

Dalam hal pengadaan produk barang, pilih partner Logistik ecommerce yang mampu menyediakan produk barang pesanan dengan secara tepat waktu dan dalam kuantitas serta kualitas yang tepat dan sesuai, serta memuaskan semua pihak. Lalu dalam hal delivery maka pilih partner Logistik ecommerce yang mampu mengantarkan produk pesanan secara cepat atau tepat waktu dalam kondisi yang baik dan utuh dan dalam biaya yang terjangkau serta semurah mungkin.

Tentunya agak sulit untuk bisa menemukan partner Logistik ecommerce yang mampu memenuhi segala kriteria tersebut, namun usahakan untuk menemukan yang paling mendekati.

Cek Legalitasnya

Pilih partner Logistik ecommerce yang jelas identitas kontak dan nomor telepon serta alamat kantornya dan juga rekening perusahaan serta legalitasnya. Dengan demikian maka akan sangat mudah mengurus jika terjadi sengketa atau hal-hal yang kurang sesuai dan berbagai kendala lainnya. Kejelasan dalam hal ini juga akan meminimalkan risiko yang akan timbul di kemudian harinya.

Perhatikan Penawaran Jasa dan Fiturnya

Perhatikan juga dengan berbagai fasilitas dan penawaran jenis jasanya serta berbagai fitur yang disediakan. Semakin banyak dan lengkap jenis layanan jasa yang ditawarkan akan semakin tinggi tarif jasanya. Ambil beberapa layanan yang memang diperlukan saja agar tidak terjadi pemborosan dan pembengkakan biaya.

Perhatikan Garansi dan Kompensasinya

Lalu perhatikan juga dengan garansi serta kompensasi jika terjadi hal-hal diluar dugaan dan tak sesuai rencana.

Beberapa hal tersebut bisa berbeda antara satu partner Logistik ecommerce dengan partner Logistik ecommerce lainnya. Pilih partner ecommerce logistics service yang menyediakan layanan jasa kerja sama yang sesuai dengan kebutuhannya dan dalam biaya yang serendah mungkin. Kesepakatan sejak awal perlu dilakukan dengan penuh keterbukaan dan dibuat serinci dan selengkap mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *