3 Kandungan Kimia pada Produk Pabrik Kosmetik yang Berbahaya
Kimia,  Kosmetik

3 Kandungan Kimia pada Produk Pabrik Kosmetik yang Berbahaya

Produk kosmetik di pasaran telah melalui ragam uji keamanan, namun masih ada beberapa bahan yang berbahaya bagi tubuh dan lingkungan. Jika Anda memulai usaha dengan membangun pabrik kosmetik di Jakarta sendiri, hindari kandungan yang berbahaya untuk mempertahankan konsumen.

Ketika seseorang menggunakan kosmetik, kulit mereka menyerap bahan kimia, yang kemudian dapat memasuki aliran darah. Biasanya melalui bedak yang terhirup, atau ketika menggunakan produk bibir yang tak sengaja ditelan.

Bahan kimia tertentu yang ada dalam riasan dan produk kosmetik lainnya dapat mengandung bahan-bahan yang oleh para peneliti dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius. Maka persoalan kandungan ini sangat sensitif pada setiap pabrik kosmetik di Indonesia.

Beberapa masalah kesehatan tersebut antara lain kanker, gangguan endokrin yang mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh, keterlambatan perkembangan, dan masalah neurologis.

Bahan Kimia yang Perlu Dihindari Pabrik Kosmetik

Walaupun ingin dikenal sebagai pabrik kosmetik murah yang terjangkau, kualitas dan keamanan produk tetap yang utama. Perhatikan dengan rinci terkait kandungan kimia yang berbahaya dan aman untuk dipakai.

  • Parabens

Produsen menggunakan paraben sebagai pengawet di banyak kosmetik. Paraben dapat muncul pada label kosmetik seperti metilparaben, propilparaben, etilparaben, butilparaben. Paraben biasanya terdapat di produk pelembab, produk rambut, dan krim cukur. Bahan ini diketahui bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit.

  • Formaldehida

Bahan kimia yang mengandung formaldehida selama periode waktu tertentu, terdapat dalam kosmetik, losion, sampo, gel mandi, cat kuku, dan produk pelurus rambut. Penggunaan Formaldehida menimbulkan reaksi alergi, iritasi mata dan gangguan sistem pernapasan. Penelitian pada hewan di laboratorium mengindikasikan adanya potensi kanker dalam menggunakannya. 

  • Phthalates¬†

Bahan ini hadir di beberapa cat kuku dan semprotan rambut, serta wewangian dari banyak produk pembersih dan kosmetik. Jika digunakan dengan kurang tepat, bahan ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon, terutama yang bekerja bersama estrogen. 

Itulah beberapa kandungan kimia yang sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Tentu saja jika pemakaian nya tidak hati-hati. Pastikan untuk menggunakan kandungan yang aman, agar tidak mengundang komplain konsumen. Dengan begitu, pabrik kosmetik di Jakarta Anda akan dikenal keamanan produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *